Keliling Yogyakarta Naik Bus Trans Jogja

Keliling Yogyakarta Naik Bus Trans Jogja


Goa Pindul - Trans Jogja merupakan bus umum yang aman dan ber-AC dengan tarif Rp 3.000 sekali jalan. Artikel ini berisi itinerary jalan-jalan menggunakan Trans Jogja untuk menemukan tempat-tempat bersejarah dan sarat kenangan yang menjadi landmarks Yogyakarta.

Durasi: 1 hari
Kategori: wisata candi, wisata belanja, wisata kuliner
Tempat yg dikunjungi: Prambanan, Ratu Boko, Tugu Jogja, Malioboro
Perkiraan biaya: Rp60.000 / orang (transportasi + tiket masuk candi)

Beberapa tempat yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta tentu saja Malioboro, Candi Prambanan, Istana Ratu Boko, dan Tugu Jogja yang menjadi landmark kota budaya ini. Untuk mencapai tempat-tempat tersebut kita dapat menggunakan Bus Trans Jogja yang beroperasi setiap hari pukul 05.30 - 21.30 WIB.

Kita bisa memulai tur "Landmarks of Yogyakarta" pada pagi hari. Tujuan pertama adalah Candi Prambanan. Wisatawan yang datang dari Stasiun Tugu bisa berjalan ke HALTE MALIOBORO 1 lalu naik Bus Trans Jogja rute 1A. Perjalanan dari Malioboro menuju Candi Prambanan akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam kita akan melewati Pasar Beringharjo, bangunan-bangunan Indis (Benteng Vredeburg, Istana Negara, Kantor Pos Besar, Gedung BI), Taman Pintar, serta Kebun Binatang Gembira Loka. Sedangkan wisatawan dari Bandara Adisutjipto bisa langsung naik Trans Jogja rute 1A menuju Candi Prambanan. Perjalanan dari bandara menuju Candi Prambanan sekitar 10 menit.

Bus Trans Jogja yang kita tumpangi akan berhenti di HALTE PRAMBANAN (Terminal Prambanan). Kita tinggal berjalan sedikit menyeberangi jalan menuju loket pembelian tiket (496401). Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu nan cantik yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung abad ke-10. Di relief Candi Prambanan terpahat kisah cinta abadi Rama dan Shinta.

Usai dari Candi Prambanan, perjalanan selanjutnya adalah mengunjungi Ratu Boko (496510). Untuk mencapai Ratu Boko silahkan naik shuttle bus yang disediakan oleh pihak Taman Wisata Candi (TWC). Shuttle bus ini gratis bila kita membeli tiket terusan Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko, Rp45.000 untuk wisatawan nusantara dan USD 25 untuk wisatawan mancanegara. Kendaraan akan berangkat tiap 10 menit sekali dan pemberangkatan terakhir pada pukul 15.00 WIB.

Istana Ratu Boko adalah reruntuhan istana kerajaan Mataram Kuno yang pernah berkuasa di Asia Tenggara seribu tahun silam dan membangun Candi Borobudur. Istana itu terletak di atas sebuah bukit nan megah tempat daerah kekuasaannya terbentang sejauh mata memandang. Sambil istirahat, kita bisa makan di cafe yang ada di Kompleks Istana Ratu Boko. Sembari menikmati makan siang, kita bisa menyaksikan Candi Prambanan dari kejauhan dengan latar belakang Gunung Merapi nan megah.

Tour dengan Trans Jogja selanjutnya adalah ke Malioboro untuk menikmati senja sembari berbelanja. Dari HALTE PRAMBANAN silahkan naik Trans Jogja rute 1A. Bus ini akan membawa kita melewati Jl. Jend. Sudirman dan landmark Jogja paling terkenal, yaitu Tugu Jogja. Jika ingin mampir sejenak di tugu untuk mengabadikan gambar, turunlah di HALTE MANGKUBUMI 1.

Trans Jogja rute 1A dan 2A akan membawa kita ke Jl. Malioboro yang merupakan nadi Yogyakarta. Menikmati malam di Malioboro sambil belanja oleh-oleh atau makan di lesehan akan menjadi pengalaman penutup yang mengesankan.
Share on Google Plus

About goa pindul

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar