Berkeliling Kota Gudeg Naik Trans Jogja

Goa Pindul  - Bukan cuma Jakarta, lho, yang punya Bus TransJakarta. Yogyakarta juga punya armada bus mirip TransJakarta. Bus cepat, murah dan ber-AC ini akan mengantar Travel lads mengelilingi sudut-sudut menarik di Jogja.

Trans Jogja mulai dioperasikan sejak bulan Maret 2008 silam, Travel lads. Armada ini dicanangkan oleh Departemen Perhubungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti TransJakarta, Trans Jogja melayani rute khusus yang beberapa tidak dilalui oleh bus kota. Kamu akan dijemput dibeberapa halte yang tersebar dibeberapa titik kota. Tapi  jangan heran jika terkadang kita masih ikut terjebak kemacetan kota, ya.  Koridor Trans Jogja belum memiliki koridor tersendiri, jadi masih bercampur dengan kendaraan umum lainnya.

Berbeda dengan TransJakarta yang memiliki ukuran bus yang besar, Trans Jogja hanya mampu menampung 20 penumpang duduk dan 20 penumpang berdiri. Biasanya, Trans Jogja rute 1A akan cukup penuh pada jam 15.00-16.00 WIB. Rute ini penuh karena merupakan jalur yang melewati pusat-pusat keramaian di Jogja, seperti Malioboro.

Soal biaya Travel lads nggak perlu khawatir. Tiket untuk single trip cuma Rp 3.000. Tiket ini bisa kamu pakai untuk naik Trans Jogja kemana pun dan selama apa pun. Kalau kamu turun di satu halte lalu transit ke armada lain, kamu nggak perlu membayar lagi. Tapi, ini tidak berlaku saat kamu bergati halte. Cocok sekali kan untuk Travel lads yang berencana backpacking-an keliling Jogja karena kamu bisa keliling Jogja hanya dengan tiga ribu perak!

Nah, untuk Travel lads yang hendak berlama-lama di Jogja, baiknya berlangganan dengan sistem isi ulang mulai dari Rp 15.000, Rp 25.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari tiket berlangganan ini. Jika kita pindah halte dengan jarak waktu kurang dari 1 jam sejak pertama kali naik Trans Jogja, maka tidak akan dikenai biaya. Kamu juga hanya akan dikenai biaya Rp 2.700 untuk sekali perjalanan.

Dengan naik armada ini, pelancong benar-benar diberi kemudahan mencapai beragam destinasi wisata populer di Jogja. Mulai dari Prambanan, Borobudur, Malioboro sampai Parangtritis bisa kamu kunjungi dengan naik Trans Jogja.

Bagi Travel lads yang baru pertama kali melancong ke Jogja, jangan takut untuk menggunakan Trans Jogja karena para staffnya akan sangat membantu mengarahkan kamu sampai di destinasi tujuan. Saya punya beberapa tips yang mungkin bisa Travel lads terapkan.

    - Untuk Travel lads yang tiba pagi hari menggunakan pesawat, kamu bisa langsung mengunjungi Candi Prambanan yang jaraknya hanya 10 menit dari bandara dengan Trans Jogja Rute 1A. Turunlah di halte Prambanan dan jalan kaki/naik becak sekitar 700 meter menuju kompleks candi.

    - Sudah puas di Prambanan kamu bisa meluncur ke Malioboro dengan menggunakan Trans Jogja rute 1A dan berhenti di halte Malioboro 1 atau 2.

    - Dari Malioboro menuju Candi Borobudur juga cukup mudah, lho Travel lads. Naik saja Trans Jogja rute 2A, berhenti di terminal Jombor. Dari terminal Jombor, naik bus jurusan Borobudur. Lalu turun lah di pemberhentian terakhir . Menuju kompleks Candi kamu bisa menggunakan andong maupun becak.

    - Dari Malioboro juga cukup mudah ke Pantai Parangtritis. Naiklah Trans Jogja rute 2A dari halte Malioboro dan turun di Halte Sugiono. Kemudian jalan kaki ke Jalan Parangtritis sekitar 10 meter dari halte dan naik saja ke bus yang biasanya menanti penumpang di jalan tersebut.

Gimana? Sudah siap menjelajah Jogja dengan Trans Jogja?
Share on Google Plus

About goa pindul

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar