Candi Sari Kalasan Yogyakarta

Candi Sari Kalasan Yogyakarta, Tips Wisata,Tips Wisata ke Jogja, Wisata Jogja Murah, Goa Pindul, Wisata Goa Pindul, Goa Pindul Jogja, Goa Pindul Gunungkidul, Informasi Goa Pindul, Tiket Goa Pindul, Goa Pindul Murah, Cave Tubing Goa Pindul,Goa Pindul - Wisata Alam memang banyak di Yogyakarta seperti Goa Pindul dan lainnya, akan tetapi wisata sejarah seperti Candi Sari ini juga wajib untuk menjadi tujun wisata di YogyakartaCandi Sari diperkirakan dibangun pada abad ke-8 selama Rakai Panangkaran memerintah . Candi ini dikatakan memiliki hubungan dengan Candi Kalasan sebagaimana tercantum dalam prasasti Kalasan tertanggal 778 Masehi .

Hal ini dikutip pada prasasti bahwa candi ini dibangun dan digunakan sebagai sebuah biara untuk para bhikkhu . Komponen , interior dan struktur candi menunjukkan bahwa Candi Sari berfungsi sebagai sebuah biara . Candi ini pertama kali ditemukan pada awal abad ke-20 dan mulai restorasi pertama di tahun 1929-1930 .

Lokasi Candi Sari

Candi Sari terletak di Dusun Bendan , Desa Tirtamartani , Kecamatan Kalasan , Kabupaten Sleman , Yogyakarta . Itu adalah sekitar 10 Km dari Yogyakarta atau sekitar 0,5 Km dari Candi Kalasan

Apa yang harus Dilihat dan dilakukan

Candi Sari memiliki tinggi 17 meter, panjang 17,3 meter dan lebar 10 meter . Diperkirakan candi ini awalnya memiliki dua atau tiga lantai . Argumen ini dibuktikan dengan adanya bagian yang terbuka di dinding bagian dalam digunakan untuk menempatkan blok kayu . Lantai atas digunakan sebagai penyimpanan untuk barang-barang religius . Sementara lantai bawah sebagai tempat kegiatan keagamaan.

Candi Sari menghadap ke timur . Dindingnya ditutupi dengan Vajralepa , mirip dengan dinding di Candi Kalasan . Dinding luar yang dihiasi dengan patung-patung Bodhisattva . Ada 8 patung di timur , utara dan selatan sisi dan 12 patung di sisi barat . Pintu dan bingkai jendela yang dihiasi dengan sepasang pria dan wanita memegang teratai . Dekorasi lain yang dapat Anda lihat di Candi Sari adalah patung Kinara Kinari ( pria dengan kepala burung ) . Mirip dengan Candi Kalasan , Candi Sari juga dihiasi dengan patung Kala Makara tanpa rahang bawah .

Tiket masuk Candi Sari dan informasi pengunjung

    Tiket masuk Rp 2.000 per orang
    Candi ini buka jam 9:00-17:00 WIB

Rute ke Candi Sari

Dengan transportasi umum : Ambil rute bus umum Yogya -Solo dari Janti dan berhenti di sisi sisi jalan . Lanjutkan dengan ojek ( sepeda motor taksi ) untuk sampai ke kuil .

Dengan kendaraan pribadi : Berangkat dari Yogyakarta , kepala ke arah timur dan mengambil rute ke Candi Prambanan . Perhatikan tanda jalan yang menunjukkan arah ke Candi Kalasan . Ketika Anda menemukannya , belok ke kiri dan lurus ke utara sampai Anda menemukan candi .
Share on Google Plus

About goa pindul

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar